Bunda Harus Tahu, Inilah Manfaat Menggunakan Kalender Ovulasi

  • Whatsapp
Kalender Ovulasi

Mendeteksi siklus haid itu bukan hanya sekedar untuk menandai titik merah di kalkulator ovulasi, melainkan berharap datang pada waktu yang saam di bulan selanjutnya. Namun, kalender ovulasi atau kalender masa subur yang sekarang sudah lebih canggih berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Lantas, seperti apa sajakah manfaat dari menggunakan kalender ovulasi tersebut? Nah, biar bunda gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Dapat Membantu Hasil Olahraga Menjadi Maksimal

Sinkronisasi antara siklus haid dengan kelas gym yang melibatkan fisik tentunya akan memberi keuntungan yang besar saat berolahraga. Ya, memasuki minggu kedua atau tepatnya setelah masa menstruasi, maka peningkatan hormone estrogen dalam tubuh bunda akan memiliki lebih banyak energy dan telorenasi yang tinggi untuk  berolahraga. Namun, pada minggu ketiga yakni saat kombinasi estrogen dan progesterone dalam tubuh bunnda membuatnya lebih efisien dalam membakar lemak.

  1. Dapat Meningkatkan Kemampuan Kerja

Dengan melacak siklus haid melalui kalender ovulasi, maka manfaatnya akan dapat meningkatkan kinerja bunda dalam bekerja. Hal itu juga dibenarkan oleh beberapa penelitian, yang menyebutkan bahwa seorang wanita cenderung measa lebih produktif dan fasihselama dia minggu dari siklus haid mereka.

  1. Mengelola Kalender Sosial

Bunda mungkin harus mempersiapkan siklus menstruasi yang sesuai agar tidak mengganggu aktivitas. Maka dari itu, pentingnya penggunaan kalender ovulasi agar dapat menyesuaikan siklus menstruasi. Seminggu sebelum menstruasi, biasanya tubuh bunda akan terasa mudah lelah dan pergerakkan yang lamban. Maka dari itu, ada baiknya untuk mendapatkan “me time”. Sebagai pengingat, bunda dapat mengatur pemberitahuan di ponsel dua hari sebelum periode menstruasi dimulai. Setelah itu, tunggulah sampai kadar hormon estrogen (pengangkat suasana hati) dan hormone testosterone (penambah energy) meningkat setelah beberapa hari memasuki masa menstruasi.

  1. Untuk Melacak Waktu Subur

Apakah bunda berencana hamil atau bahkan menghindari kehamilan? Nah, inilah peran dari kalender ovulasi yang dapat bunda gunakan untuk melacak siklus menstruasi dengan akurat. Bagi sebagian besar wanita, masa subur akan terjadi dalam kisaran waktu 12 – 16 hari sebelum menstruasi di mulai. Sedangkan yang paling tidak subur, yakni hari-hari terakhir setelah menstruasi bunda berakhir.

  1. Membantu Tidur Lebih Berkualitas

Manfaat berikutnya dari menggunakan kalender ovulasi yang harus bunda ketahui, yakni dapat membantu kualitas tidur menjadi lebih baik. Ya, ketika menjelang, selama, atau tepat setelah minggu haid, maka suhu tubuh bunda akan naik dan sering mengalami kurang tidur akibat gerakan mata yang cepat (Rapid Eye Movement). Akibatnya, bunda pun harus berjuang lebih keras lagi agar bisa tidur di malam hari.

Maka dari itu, bunda harus membatasi minuman-minuman berkafein setelah tengah hari, berolahraga di pagi hari, dan di malam hari. Selain itu, usahakan untuk tetap tidur di waktu yang konsisten agar dapat mengatur ritme tubuh. Adapun mengenai jenis-jenis minuman berkafein yang harus bunda kurangi, seperti kopi, teh, minuman kaleng, cokelat, dan lain sebagainya. Selain itu, buatlah tempat tidurnya menjadi senyaman mungkin, mulai dari memadamkan lapu, menggunakan lampu tidur yang redup, membersihkan tempat tidur, menyetel lagu klasik, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa bunda dapatkan dari penggunaan kalender masa subur. Bagaimana, apakah di tahun ini bunda berencana untuk hamil?

Related posts