Langkah-langkah Mengadakan Event Virtual

  • Whatsapp
Langkah-langkah Mengadakan Event Virtual

Apakah kamu ingin membuat event virtual yang sukses dan tidak berhenti di tengah-tengah acara yang sedang berlangsung karena gangguan dari koneksi internet dan masalah lainnya? Akan tetapi kamu bingung apa saja yang harus dipersiapkan? Namun kamu jangan khawatir karena saya punya solusi yang akan memberikan tips beserta langkah-langkah untuk memulai event virtual. Apa saja? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini kuy.

Menentukan Konsep Acara

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu perlu mencari konsep acara virtual apa yang ingin dibuat oleh kamu. Karena berbagai acara virtual saat ini juga sudah banyak diadakan di masa pandemi seperti sekarang ini, misalnya mulai dari konser musik, acara sosial, webinar, workshop, dan lain lainnya. Kamu juga bisa pastikan konsep acara yang kalian tawarkan yaitu adalah sesuatu yang berbeda dari acara-acara sejenis lainnya yang pernah diadakan. Karena keunikan konsep acara akan menjadi nilai lebih dari sebuah event virtual, lho.

Menghitung Anggaran Produksi dan Pemasaran

Sesudah kamu menentukan konsep acara, selanjutnya kamu harus menghitung biaya produksi. Apabila kamu memilih konser musik virtual, maka kamu bisa hitung biaya-biaya yang diperlukan, yaitu mulai dari lokasi, peralatan, honor pengisi acara, pembawa acara, dan crew Ketika acara berlangsung. Kemudian jangan lupa masukkan biaya untuk promosi acara untuk dapat membuat acara kamu terdengar lebih luas.

Menentukan Event Berbayar atau Gratis

Apabila biaya produksi sudah ditentukan, maka sekarang saatnya kamu menentukan harga event virtual. Kemudian apakah berbayar atau gratis? Apabila kamu ingin yang berbayar, maka kamu harus mulai menghitung biaya produksi. Dan kemudian jika gratis, kamu harus mencari sponsor yang dapat mendanai event virtual yang akan kamu buat. Dengan mencari sponsor yang relevan dengan konsep dan juga tema acaramu, ya!

Memilih Ticketing Service

Apabila semua aspek-aspek di atas juga sudah ditentukan, maka sekarang saatnya kamu harus menentukan layanan penjualan tiket. Karena penjualan tiket dengan cara online pastinya lebih memudahkan penyelenggara acara. Namun harus cari ticketing service yang juga menawarkan fitur-fitur untuk menjual tiket, kemudian mengelola, menganalisa penjualan.

Terus kamu juga bisa menggunakan vendor live streaming agar saat acara berlangsung tidak ada masalah dalam koneksi internet. Kamu juga bisa menjual tiketnya di platform seperti Facebook dan lainnya. Karena di platform sosial media kamu juga bisa mengatur penjualan tiket secara mandiri, mengatur promo, refund, sampai dengan kategori tiket dengan mudah. Kamu bisa ditambahkan sebuah pilihan pembayaran yang lengkap.

Dengan menggunakan jasa live streaming juga memiliki fitur yang lengkap dan peralatannya yabg memadai di mana kamu juga bisa menyesuaikan tampilan situs untuk mitra dan sponsor. Keunggulan lainnya yakni kamu juga bisa mengatur event virtual hanya lewat genggaman tangan. Benar sekali vendor live streaming dari studio pelangi juga memiliki dashboard admin dan juga terdapat sales yang responsif via ponsel pintar. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengadakan live streaming dan memutar video berulang melalui hasil yang akan diberikan oleh vendor live streaming tersebut.

Seperti yang kita tahu dan tidak pernah kita bayangkan akan semua hal ini yang telah terjadi dan sampai kapan akan berakhir sebuah wabah yang telah menyerang dunia ini, maka dari itu kita juga harus bisa berpikir untuk bisa menghadapi kebiasaan-kebiasaan baru yang terjadi selama pandemi ini, dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Related posts