Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

  • Whatsapp

Bawang merah merupakan salah satu jenis bawang-bawangan yang berkembang biak dengan umbi lapis. Umumnya, bawang ini digunakan untuk keperluan memasak terutama untuk menambahkan aroma dan rasa gurih pada masakan.

Namun, dibalik rasa gurih yang dimiliki oleh bawang ini setelah mengalami proses penggorengan terdapat khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Terdapat beberapa senyawa kimia yang terdapat dalam bawang ini hingga mampu menjaga tubuh dari beberapa penyakit.

Apa sajakah manfaat dari bawang dengan rasa gurih ini? Berikut ini rangkumannya untuk anda.

Beberapa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Manfaat bawang berwarna merah ini untuk kesehatan, antara lain :

  1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat pertama yang dimiliki oleh bawang ini adalah menangkal radikal bebas dalam tubuh. Hal ini tentunya sesuai dengan kandungan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya yakni senyawa antioksidan.

Umumnya antioksidan merupakan suatu senyawa yang memang digunakan untuk melindungi tubuh dari adanya radikal bebas. Apabila sel-sel tubuh mengalami paparan radikal bebas maka kemungkinan yang terjadi adalah timbulnya penyakit kanker.

Oleh karena itu, dengan adanya kandungan senyawa antioksidan pada bawang merah menjadikan bumbu masakan yang satu ini tidak hanya bisa dimanfaatkan karena memiliki aroma dan rasa gurih yang khas.

Tetapi juga karena khasiatnya yang mampu melindungi tubuh dari penyakit yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas. Namun, tentunya pengolahan bawang ini yang bertujuan sebagai alternatif pengobatan atau ingin dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan memiliki proses yang berbeda.

  1. Memberikan Kontrol Terhadap Kadar Gula Darah

Manfaat selanjutnya dari bumbu masakan ini yang perlu Anda ketahui adalah mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini tentunya berkaitan dengan produksi hormon insulin dalam tubuh.

Adanya produksi hormon insulin yang terganggu pada pasien diabetes tipe 2 atau diabetes mellitus merupakan suatu hal yang merugikan. Selama ini, terapi yang umum diberikan pada pasien diabetes mellitus adalah pemberian hormon insulin secara injeksi.

Namun, tanpa Anda sadari terdapat bahan-bahan alami yang juga mampu meningkatkan produksi hormon tersebut dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah bawang merah yang seringkali digunakan sebagai bahan masakan oleh para ibu rumah tangga.

Tentunya pemilihan bawang ini sebagai bentuk pengobatan alami bagi pasien diabetes mellitus memerlukan kontrol yang baik dan tidak bisa dijadikan sebagai bentuk pengobatan pertama.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Selain mengandung senyawa antioksidan, bawang ini juga mengandung senyawa allicin yakni senyawa sulfur organik yang memiliki mekanisme kerja dalam mendilatasi atau melebarkan pembuluh darah.

Tidak hanya itu, kandungan senyawa dalam bawang ini juga berperan dalam mencegah adanya gumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak atau kolesterol jahat pada pembuluh darah.

Sehingga dengan adanya kedua peran tersebut, bawang merah mampu menjaga kesehatan jantung dengan memperlancar jalannnya darah atau sirkulasi darah hingga memperkecil risiko terjadinya serangan jantung.

  1. Meringankan Reaksi Alergi

Dalam bawang ini terdapat kandungan senyawa antioksidan berupa quercetin yang memiliki mekanisme kerja sebagai antihistamin. Senyawa yang memiliki aktivitas antihistamin tentunya mampu menghambat adanya pelepasan histamin ketika seseorang mengalami reaksi alergi.

Histamin yang dikeluarkan tersebut akan menimbulkan gejala alergi seperti adanya rasa gatal pada beberapa permukaan kulit dan mata yang berair.

  1. Memelihara Fungsi Ginjal

Manfaat selanjutnya yang perlu Anda ketahui dari bawang merah adalah memelihara kesehatan ginjal. Dalam penelitian ilmiah dinyatakan bahwa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada bawang ini mampu menurunkan kadar uric acid dan kreatinin dalam tubuh.

Sehingga hal ini secara otomatis akan lebih memelihara kesehatan ginjal karena dengan begitu ginjal tidak akan bekerja secara ekstra untuk melakukan filtrasi dan absorpsi pada kedua zat tersebut.

Urain tersebut merupakan penjelasan mengenai manfaat dari bawang merah untuk kesehatan tubuh. Tentunya pernyataan itu memerlukan penelitian lebih lanjut secara klinis untuk benar-benar membuktikan kebenarannya.

Anda bisa melakukan pembelian atau pemesanan bawang ini melalui beberapa gerai seperti TaniHub produk pertanian Indonesia yang diambil secara langsung dari para petani. Sehingga produk yang dijual pun memiliki kualitas tinggi dengan layanan yang memadai.

Related posts